Selasa, 20 Juni 2017

Mendesain Kartun Karakter

Menjelang hari Raya Idul Fitri minggu depan, saya merapikan ruang kerja, beberapa tumpuk files berupa lembaran kertas printout, dokumentasi surat kabar, kertas kerja hingga dummy dan hasil cetakan jadi, masih terikat rapi sejak setahun lalu, kemudian saya pilah untuk disimpan dan sebagiannya lagi saya anggap sebagai sampah untuk dibuang.
Dari beberapa files tersebut, ternyata cukup banyak hasil pekerjaan saya yang terkait dengan penciptaan kartun karakter,

Berakhir tepat satu tahun yang lalu, Saya bekerja disebuah perusahaan retail lokal di Jawa Barat sebagai Team Creative Support untuk departemen Fashion, salah satu tugasnya adalah membuat konsep grafis untuk Program khusus Penjualan produk fashion baby & Kids yang biasanya dilakukan secara rutin satu tahun sekali,
Membuat tema Promosi, tema Grafis untuk diaplikasikan dan diarahkan untuk menciptakan atmosfir toko secara khusus dilebih dari 70 outlet/toko hingga pembuatan merchadise untuk konsumen dan artwotk khusus untuk beberapa produk baju bayi dan anak home brand / private label.

Ini hanya sebagian kecil yang saya temukan pada arsip-arsip meja kerja saya yang saya bawa pulang,
termasuk berita surat kabar berkaitan dengan pembuatan kartun karakter maskot PON 2016   



Mengerjakan project brtema Kanak-kanak selalu menjadi tantangan yang menyenangkan, dan membuat Kartun Karakter bertema binatang adalah favorit saya,  di tahun 2011 saya membuat beberapa kartun karakter original dengan tampilan flannel & stictch textured effect, saya membuat gambar di program grafis colour matters, scan potongan2 kain flannel dan finishing dengan menggunakan Photoshop
konsep grafis yang dibuat untuk kebutuhan Promosi, Visual Merchandising di toko, Produk tas untuk hadiah, Buku untuk hadiah, Buklet dll.









      Berikutnya saya membuat konsep grafis bertema bawah laut, beberapa kartun karakter original
      saya buat untuk kebutuhan yang sama.











Kartun Karakter untuk maskot PON 2016, 
sayang sekali saya tidak diikut sertakan terlibat dalam pembuatan desain-desain turunannya, beberapa desain tampil tidak sesuai harapan namun beberapa desain menjadi lebih baik dari yang saya buat seperti Video Animasi dibawah ini